Pemkab Abdya Canangkan Program Beut Al-Qur’an Bagi Siswa SD dan SMP

  • Whatsapp

ABDYA, BEDAHNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh, mencanangkan program mengaji atau ‘Beut’ Al-Quran untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pada Rabu (18/05/2022).

Acara Beut Al-Qur’an yang dibuka secara daring di SMP Tunas Abdya itu, yang diikuti oleh belasan ribu siswa SD dan SMP yang tersebar di sembilan kecamatan dalam kabupaten berjuluk bumoe breuh sigupai.

Muat Lebih

Dalam program itu, Pemkab Abdya mengusung tema “Dengan Sekolah Beut Qur’an Kita Wujudkan Generasi Abdya Yang Intelek dan Berakhlak Qur’an Menuju Abdya Sejahtera dan Islami”.

Sekretaris Daerah (Sekda), Salman Alfarisi menyampaikan, kegiatan yang berlatar belakang keagamaan tersebut, bertujuan sebagai ibadah serta mengharap ridha dari Allah SWT.

“Beut Qur’an ini juga bagian visi dan misi masa Pemerintahan Bupati Akmal Ibrahim dan Wakil Bupati Muslizar mewujudkan Kabupaten Abdya yang Islami,” ujar Salman.

Selama ini, kata Salman, kegiatan beut Quran digalakkan di tingkat Aparatur Sipil Negara (ASN). Kini, kegiatan mulia itu diperluas ke sekolah-sekolah yang melibatkan dewan guru, tenaga pendidikan, honorer dan siswa.

“Dengan adanya Beut Qur’an sebelum belajar ini, diharapkan para guru lebih mudah mendidik siswa. Kita berkeinginan, kedepan anak-anak kita ini menjadi hafidz hafizah, sehingga ke manapun dan di manapun mereka bekerja, di dalam dada mereka sudah tertanam Al-Qur’an,” harapnya.

Menurut Salman, banyak harapan dari pimpinan terkait pelaksanaan Beut Qur’an tersebut, di antaranya agar semua lapisan masyarakat lebih baik dan berakhlakhul kharimah.

“Kita bermohon kepada Allah untuk diberikan rahmat kepada kita, keluarga, pimpinan, daerah kita, dan masyarakat kita, semoga Abdya ini aman, tenteram, damai dan sejahtera,” tutur Salman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Abdya, Jauhari mengatakan, sebelum pelaksanaan kegiatan Beut Qur’an ini, masing-masing sekolah di Abdya rutin melaksanakan kegiatan keagamaan.

Hanya saja, kata Jauhari, kegiatan tersebut dilaksanakan dimasing-masing sekolah. Maka dengan adanya kegiatan ini, diharapkan lebih meningkatkan lagi ke kompakan dan ke bersamaan antar sekolah yang ada di Abdya.

“Selama ini kegiatan keagamaan berupa program hafidz, muhazarah, baca Surah Yasin, setor ayat dan lain sebagainya sudah rutin dilakukan, cuma kegiatan itu dipusatkan di masing-masing sekolah. Maka dengan adanya program beut Qur’an ini, kita tertibkan pelaksanaannya,” jelas Jauhari.

Ia menyebutkan, kegiatan beut Qur’an berlangsung selama tiga hari dalam se Minggu, yaitu mulai hari Senin hingga Kamis. Artinya, dalam satu pekan hanya tiga hari pelaksanaan beut Qur’an bersama-sama.

“Untuk hari-hari selanjutnya, kegiatan keagamaan diserahkan kepada sekolah masing-masing. Intinya, dengan program ini kita harapkan anak-anak kita lebih pintar, cerdas, berilmu dan berakhlak mulia demi mewujudkan pendidikan yang Islami,” tutup Jauhari.

Berdasarkan data media, peserta beut Qur’an tersebut berjumlah belasan ribu siswa, terdiri dari 111 SD negeri dan swasta dengan jumlah 12.138 siswa, 32 SMP negeri dan swasta dengan jumlah 5.388 siswa. Kemudian, kegiatan beut Qur’an itu juga diikuti oleh ribuan tenaga guru, tenaga pendidikan dan honor tingkat SD dan SMP.

Dalam kegiatan itu, turut hadir jajaran Pemkab Abdya seperti Sekda Salman Alfarisi, para Asisten, Kepala BKPSDM, Cut Hasnah Nur, Kepala Disdikbud, Jauhari, para Kabid, dewan guru serta belasan ribu murid SD dan SMP se Abdya Aceh.

Jurnalis : Fitria Maisir

Editor : Dewo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *