Anak PAUD dan TK se-Kota Langsa Ikuti Manasik Haji

  • Whatsapp

LANGSA, BEDAHNEWS.com – Sebanyak 1.400 anak usia dini dari tingkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kota Langsa mengikuti manasik haji, di Lapangan Merdeka Langsa, Kamis (26/10/2023).

Kegiatan manasik haji bagi anak usia dini ini diinisiasi oleh Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) dengan mengusung tema ‘Dengan Pelatihan Manasik Haji Mari Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa Generasi Penerus Bangsa’.

Muat Lebih

Sementara itu acara dibuka dan dilakukan pelepasan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa, Dra Suhartini MPd, menyatakan senang dengan diadakan acara ini dapat menambah pengetahuan anak tentang agama sedari kecil sehingga timbul motivasi untuk menunaikan rukun islam yang kelima sedari kecil.

Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang konsep haji sejak dini sebagai rukun Islam kelima yang wajib dijalani.

Lanjutnya, mereka sudah memiliki bekal pengetahuan tentang haji, pengetahuan ini diberikan dalam sentra peran mereka melakukan tawaf melakukan sa’i dan sebagainya, semua itu kami perkuatkan agar kelak meraka benar-benar melakukan ibadah ini bila dewasa nanti.

“Dengan demikian anak-anak kita nantinya mengetahui bagaimana pelaksanaan haji yang harus dilakukan seorang muslim,” ujar Suhartini.

Hal senada Ketua panitia Malahayati SPd, adapun tujuan dilaksanakannya manasik haji ini yakni memperkenalkan kepada anak-anak sejak usia dini untuk dapat melaksanakan manasik haji.

“Memupuk rasa agamis pada anak sejak usia dini untuk melaksanakan manasik haji sebagai rukan Islam kelima juga menjadi kewajiban umat Islam,” terangnya.

Selain itu juga, dalam proses manasik haji tersebut dibagi dalam beberapa kloter, lantas peserta juga melakukan lempar jumrah atau lontar jumrah adalah sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari ibadah haji serta tawaf adalah kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali.

“Semua kegiatan manasik haji yang dikuti oleh anak-anak ini juga didampingi oleh para gurunya serta dipandu oleh pihak panitia,” jelasnya.

Hadir seluruh Kepala Sekolah PAUD dan TK dalam wilayah Kota Langsa, Kabid Paud, Zulfadli SE, Kabid Pembinaan Ketenagaan, Tatang Warandana Harahap SST, M.CIO dan pesera lainnya dengan mengenakan pakaian serba putih itu.

Laporan : BD

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *