Pj Bupati Resmi Membuka MTQ ke-36 Tingkat Kabupaten Bireuen

  • Whatsapp

BIREUEN, BEDAHNEWS.com – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Kabupaten Bireuen resmi dibuka Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan PhD di lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cot Gapu Bireuen, Sabtu (17/6/2023) malam.

Pembukaan diawali defile seluruh kontingen yang diawali kontingen paling barat Kabupaten Bireuen, yakni dari Kecamatan Samalanga dan berakhir kontingen dari kecamatan paling timur Bireuen, yaitu Kecamatan Gandapura.

Muat Lebih

Masing-masing kontingen didampingi para camat dan ketua LPTQ kecamatan dan setiap kecamatan siap mengikuti MTQ yang akan berlangsung mulai 17 – 24 Juni 2023.

MTQ ke 36 tingkat kabupaten dengan tema “Bangkit dan Maju Bersama Membangun Generasi Qur’ani” dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofya, Ph.D.

Prosesi pembukaan agenda dua tahunan ini, berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama.

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan dalam inti sambutannya mengatakan, Musabaqah Tilawatil Quran tidak hanya sebatas menyiarkan dan mensyiarkan agama islam, terutama dengan membaca Al-Qur’an, tapi kita harus benar-benar mengamalkan ajaran dan isinya yang ada dalam Al-Qur’an.

Pj Bupati Bireuen berharap kegiatan MTQ ini sukses dan menghasilkan para juara-juara sehingga nantinya bisa ikut berkompetisi di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

Pada kesempatan itu, Aulia Sofyan juga mengajak setiap keluarga, bapak-bapak dan ibu-ibu untuk mengajak anak-anaknya selalu membaca Al-Qur’an dan mengajak ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Menurut Aulia Sofyan, membaca Al-Qur’an adalah hal yang paling membanggakan yang paling dimuliakan oleh Allah dan Al-Qur’an akan menjadi saksi nantinya serta akan memberi kemudahan baik kita di alam kubur maupun di Yaumul Hisab nantinya.

“Makanya, marilah setiap hari kita membaca Al-Qur’an baik itu sebelum dan sesudah shalat maupun sebelum berangkat kerja,” ujar Pj Bupati Bireuen.

Sebelumnya, Ketua umum panitia MTQ, Ir. Ibrahim Ahmad. M.Si. dalam laporannya mengatakan, kegiatan MTQ ke-36 tingkat Kabupaten Bireuen tahun 2023 ini diikuti 614 peserta putra dan putri.

Dijelaskan, Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran ini dilaksanakan pada 17-24 Juni 2023, di lima lokasi berbeda, yaitu di Ruang Terbuka Hijau (RTH) eks Stadion Cot Gapu. Kota Juang,

Kemudian, di halaman Masjid Agung Sultan Jeumpa, halaman Pendopo Bireuen, di SMAN 1 Bireuen dan di Kampus IAI Almuslim Aceh, Desa Paya Lipah, Kecamatan Peusangan.

Ibrahim Ahmad menyebutkan, pergelaran MTQ ini memperlombakan 24 golongan dari 8 cabang MTQ yang dilombakan, yakni cabang Tilawah dan Qiraah Shab’ah, Tartir Qur’an.

Kemudian, cabang Hifzil Qur’an, Tafsir Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khattil Qur’an dan cabang Tulis Ilmiah Al-Quran (KTIQ).

“Golongan untuk Cacat Netra Putra dan Putri dan Hifzil Quran 30 juz putra, tidak dilombakan dikarenakan tidak ada pesertanya,” jelasnya.

Dewan Hakim yang terlibat dalam MTQ ini seluruhnya berjumlah 49 orang berasal dari LPTQ Kabupaten Bireuen dan para professional mandiri lainnya, mereka dibagi sesuai keahliannya masing-masing.

“Seluruh dewan hakim berasal dari dalam Kabupaten Bireuen, tidak didatangkan dari luar kabupaten” jelas Ibrahim Ahmad yang juga sebagai Ketua LPTQ Bireuen.

Laporan : Zubir

Editor : Bung Dewa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *