Jokowi Ungkap Kendala Evakuasi Korban Gempa Cianjur yang Masih Hilang

  • Whatsapp

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi Cianjur pada Kamis, (24/11/2022).(Foto:Pikiran Rakyat/Bedahnews.com).

CIANJUR, BEDAHNEWS.com – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengungkap sejumlah kendala dalam proses evakuasi korban gempa Cianjur Magnitudo 5,6.

Muat Lebih

Dalam peristiwa ini, tercatat ada 271 korban jiwa yang dinyatakan meninggal dunia hingga Rabu, 23 November 2022.

Kemudian ada 40 korban yang masih dinyatakan hilang. Sebanyak 39 warga berada di satu titik lokasi dan satu lainnya merupakan warga Kecamatan Warung Kondang.

Jokowi mengatakan proses evakuasi masih mengalami sejumlah kendala. Cuaca di Kabupaten Cianjur dalam beberapa hari terakhir masih mengalami hujan.

Kemudian kontur tanah yang curam juga membuat proses evakuasi terkendala. Di samping itu, kondisi tanah masih sangat labil, sehingga tim SAR juga masih harus mengedepankan kehati-hatian dalam melakukan pencarian korban.

Demikian disampaikan Jokowi saat ditemui di Kampung Cugenang, Desa Cijedil, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis (23/11/2022).

“Tapi tadi saya memerintahkan yang sudah terbiasa saya rasa bisa segera dilakukan,” katanya.

Lebih lanjut, Kepala Negara mengatakan bahwa proses evekuasi harus menjadi yang diprioritaskan saat ini.

Selain itu, logistik dan bantuan makanan serta kesehatan juga harus terdistribusi dengan baik. Kata dia masih banyak warga yang membutuhkan bantuan.

“Kedua saya ingin memastikan bahwa logistik di lapangan terdistribusi dengan baik. Makanan obat obatan semua terdistribusi dengan baik,” ucapnya.

Diketahui, Jokowi kembali melakukan kunjungan ke Kabupaten Cianjur untuk memastikan proses evakuasi berjalan lancar. Kunjungan ini menjadi yang kedua kalinya yang dilakukan oleh Jokowi.

“Saya ingin memastikan bahwa proses evakuasi berjalan dengan baik. Itu yang pertama. Karena kita tahu di sini masih ada 39 yang belum ditemukan. Satu titik saja, ada 39 yang belum ditemukan,” pungkasnya.

Laporan : Amir Faisol

Editor : Bung Dewa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *