Pemkab Aceh Tamiang Luncurkan Kartu Nikah

  • Whatsapp

ACEH TAMIANG, BEDAHNEWS.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Basyaruddin, SH melaunching Kartu Nikah sekaligus peresmian gedung baru Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Kualasimpang, Rabu (01/07/20).

Membacakan sambutan Bupati, Sekda menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang sangat mengapresiasi Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang yang telah bekerja dengan baik dalam meningkatkan pelayanan catatan pernikahan kepada masyarakat.

Muat Lebih

“Launching kartu nikah dan peresmian Kantor Urusan Agama yang dilaksanakan hari ini adalah bentuk inovasi berbasis teknologi informasi (Smart Card) dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dibidang pencatatan nikah dengan basis data yang terintegrasi,” kata Basyaruddin.

Sebelumnya Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang H. Anwar Padli, S.Ag dalam laporannya menyampaikan sebelum dilaksanakan launching ini, penerapan pemberian kartu nikah sudah lebih dulu dilakukan pada KUA Kecamatan Karang Baru sejak 1 Juni 2019 lalu kepada pengantin laki-laki.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang karena telah memberikan tanah dan membangun gedung KUA Kota Kualasimpang.

Sementara itu Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh Saifuddin, SE juga turut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Aceh Tamiang.

Saifuddin mengatakan, kartu nikah ini nantinya akan menjadi sebuah kebutuhan, saat beberapa penginapan meminta buku nikah.

“Kartu nikah akan berkaitan dengan administrasi seseorang. Karna lelaki yang mecari nafkah dan mengharuskan keluar rumah maka kartu nikah akan diberikan 1 kartu untuk suaminya saja,” sebutnya.

Usai beberapa arahan dan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan kartu nikah kepada 3 pasangan yang kemarin melaksanakan akad nikah di KUA Karang Baru. Penyerahan kartu tersebut langsung diserahkan oleh Sekda Aceh Tamiang Basyaruddin, SH didampingi oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh Saifuddin, SE, Kabid Urais dan Binsyar Drs. Hamdan, MA dan Plt. Kakankemenag Aceh Tamiang H. Anwar Padli, S.Ag.

Acara diakhiri dengan peresmian gedung baru KUA Kota Kualasimpang yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Sekda Aceh Tamiang Basyaruddin, SH.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *