Bupati Bireuen Resmikan Gedung LPTQ dan Serahkan Bantuan kepada 5 Gampong Percontohan Syariat Islam

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Zubir

BIREUEN, BEDAHNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen, menyerahkan bantuan berupa satu unit sound system portable dan 22 sajadah kepada lima gampong percontohan Syariat Islam, binaan DSI Bireuen, Kamis (15/07/2021).

Muat Lebih

banner 468x60

Bantuan itu diserahkan kepada masing-masing keuchik gampong setempat, oleh Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A. Gani, SH, M.Si didampingi unsur Forkopimda Bireuen, di Gedung Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bireuen.

Kepala Dinas Syariat Islam Bireuen, Anwar, S.Ag, MAP kepada wartawan mengatakan, kelima gampong percontohan Syariat Islam binaan DSI Bireuen ini yaitu, Gampong Meunasah Masjid Kecamatan Simpang Mamplam, Kemudian Gampong Meunasah Tunong, Kecamatan Peudada, Gampong Weu Jangka Kecamatan Kuala, Gampong Leubu Cot Kecamatan Makmur dan Gampong Bugak Krueng Kecamatan Jangka.

Penyerahan bantuan sound system portable dan sajadah ini juga sekaligus peresmian gedung baru Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) dan gedung serbaguna kantor Kecamatan Kota Juang, yang berada di Komplek Kantor Kejaksaan Negeri Bireuen. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A Gani, SH, M.Si.

Gedung ini mulai dibangun pada tahun 2019 dan 2020 sumber dana Otonomi Khusus (Otsus). Dibangun dalam dua tahap, pertama 27 Juni 2019 selesai kontrak 23 Desember 2019 dengan kontrak Rp1.226.136.000 oleh CV Andalan Baru.

Kemudian dilanjutkan pada tahap kedua 10 September 2020 dengan anggaran Rp4.751.218.000, pelaksana CV Bangun Rezki Inddi Makmur, sehingga total anggaran keseluruhan untuk pembangunan LPTQ ini sebesar Rp5.977.354.000.

Sedangkan gedung serbaguna Kecamatan Kota Juang yang letaknya masih di Jalan Malahayati dalam Kota Bireuen, dibangun pada 2019 dengan anggaran Rp4.813.631.000 dengan pelaksaan CV Ronie Pratama.

Gedung LPTQ ini terdiri dari tiga lantai, semua diperuntukan untuk kegiatan Dinas Syariat Islam dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an yang sangat representatif serta untuk training center dengan kapasitas 40 orang.

Gedung serbaguna Kantor Camat Kota Juang terdiri dari dua lantai. Lantai pertama dipergunakan untuk ruang kerja, lantai kedua tersedia aula sangat representatif untuk pertemuan dengan perangkat gampong dalam Kota Juang, dan boleh dipakai untuk kebutuhan masyarakat lainnya.

Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A Gani, SH, M.Si menyebutkan, keberadaan gedung LPTQ ininnantinya akan menjadi tempat mengembangkan kemampuan para para qori dan qoriah di Kabupaten Bireuen sebagai persiapan menuju MTQ tingkat provinsi.

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *