Operasi Patuh Seulawah 2020 di Bireuen Berlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru

  • Whatsapp
banner 468x60

Wartawan: Zubir

BIREUEN, BEDAHNEWS.com – Satlantas Polres Bireuen mulai menggelar Operasi Patuh Seulawah 2020 yang dimulai sejak 23 Agustus kemarin hingga 5 Agustus 2020 mendatang.

Muat Lebih

banner 300x250

Penindakan pelanggaran dilakukan pada dua lokasi terpisah, pada siangnya, di depan Pos Lantas Bireuen dan sore harinya dilanjutkan di depan pendopo Bupati Bireuen dengan melibatkan 27 orang personel.

Dimulainya Operasi Patuh Seulawah 2020 ini ditandai dengan apel gelar pasukan dipimpin oleh  Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat, SH, SIK, MSi melalui Kasat Lantas AKP W. Rachmat Jayadi SIK.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat, SH, SIK, M.Si, menyebutkan, ada beberapa sasaran pelanggaran yang ditindak dalam operasi itu, diantaranya tidak memakai helm SNI, bagi pengemudi dan penumpang sepeda motor, tidak menggunakan sabuk keselamatan bagi pengemudi dan penumpang roda empat, menggunakan hp sambil berkendara serta melawan arus lalu lintas.

Selain itu, operasi tersebut juga  ditujukan bagi orang yang mengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan, pengaruh alkohol, pengendara di bawah umur serta mengemudikan kendaraan bermotor melawan arus.

“Namun, khusus di Bireuen, kita akan memberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), atau bisa disebut New Normal, juga menjadi sasaran dalam operasi kali ini yaitu pengendara wajib menggunakan masker, namun hal itu tidak menjadikan sebagai pelanggaran, hanya disosialisasikan saja,” ucapnya.

Selain itu, petugas juga menyasar pengendara yang menggunakan telepon genggam saat mengemudi motor maupun mobil dan akan ditindak dengan menilang.

Kemudian memberikan penegasan terhadap pelanggaran lalu lintas dengan  menilang agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Tujuan kegiatan dalam operasi patuh Seulawah mewujudkan keamanan, ketertiban  dan kelancaran berlalu lintas  di wilayah Kawasan Tertib Lalulintas  (KTL) Bireuen.

Juga bagian dari memutus rantai penyebaran virus Covid-19,  memastikan seluruh masyarakat pengguna jalan dalam keadaan sehat.

“Apabila bertemu dengan orang yang memiliki gejala kurang sehat atau ciri ciri mengarah kepada terkena virus akan  langsung diarahkan ke rumah sakit terdekat agar ditangani segera tim medis,” ujar Kasat Lantas, AKP W. Rachmat Jayadi, SIK.

Disebutkan, dalam razia 7 hari berturut-turut operasi patuh Seulawah  anggota Satlantas menilang kurang lebih ratusan lembar tilang termasuk sepeda motor, SIM dan STNK yg ditahan sebagai barang bukti dua unit beberapa unit kendaraan roda empat jd ikut terjaring pd masa operasi patuh ini….

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *