Mahkamah Syar’iyah Tandatangani MoU dengan Kantor Kementerian Agama Abdya

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Fitria Maisir

ABDYA, BEDAHNEWS.com – Mahkamah Syar’iyah Abdya bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Daya tandatangani Memorandum of Understanding (MOU) tentang Pengiriman Petikan Salinan Putusan/Penetapan, Akses Sistem Informasi Penelusuran Akta Cerai (SIPA), Pelaksanaan Sidang Terpadu Mandiri dan Kesaksian Itsbat Rukyah Hilal Wilayah Hukum Kabupaten Aceh Barat Daya di Aula Kankemenag Abdya, Kamis (8/4/2021).

Muat Lebih

Selain Penanda Tanganan MoU pada kesempatan tersebut Mahkamah Syar’iyah juga melakukan Sosialisasi Pengunaan Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Akta Cerai (SIPA) dan Aplikasi Sistem Guna Pelayanan Informasi (SIGUPAI).

Kepala Kemenag Abdya, Drs. H. Salihin Mizal, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa penanda tanganan MoU kesepakatan kerjasama ini merupakan langkah strategis kedua institusi untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, ringan biaya dan tepat waktu.

“Kami mengapresiasi penanda tanganan MoU dan Sosialisasi SIPA dan SIGUPAI ini, semoga inovasi yang dilakukan oleh Mahkamah Syar’iyah ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka melaksanakan birokrasi yang bersih dan melayani,” ungkap Salihin Mizal.

Ketua Mahkamah Syar’iyah Amrin Salim, S.Ag.,MA, pada kesempatan tersebut menyampaikan dengan penanda tanganan MoU ini terjalin kerjasama yang baik antara Mahkamah Syari’ah dan Kankemenag Abdya dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Amrin Salim mengatakan, SIPA dan SIGUPAI ini merupakan dua aplikasi terbaru Mahkamah Syari’ah Blangpidie yang nantinya akan memudahkan pencari keadilan untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai perkara yang sudah diajukan atau yang akan diajukan, terang Ketua Mahkamah Syari’ah Abdya.

Ketua Panitia Pelaksana Saifuddin, S.Ag,MH, menyampaikan jumlah peserta pada kegiatan sosialisasi tersebut berjumlah 20 orang terdiri dari Kepala KUA dan Operator.

Saifuddin menyampaikan penanda tanganan MoU dan Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi SIPA dan SIGUPAI guna merespon kebijakan birokrasi pemerintahan tentang pelayanan publik yang berorentasi kepada sederhana, kecepatan, ketepatan dan biaya ringan.

Penandatanganan MoU dan Sosialisasi SIPA dan SIGUPAI ini turut dihadiri oleh pejabat struktural dan fungsional dilingkungan Kantor Kementerian agama Kabupaten Aceh Barat Daya dan Mahkamah Syar’iyah Abdya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *