Tertarik Potensi Wisata Aceh Singkil, Dua Menteri Siap Bangun Bandara Syekh Hamzah Fansyuri

  • Whatsapp
banner 468x60

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio, Bupati Aceh singkil Dulmusrid, Wabup Sazali, Ketua DPRK Hasanuddin Aritonang. (BEDAHNEWS.com/Edi Suherman)

Wartawan: Edi Suherman

Muat Lebih

banner 300x250

ACEH SINGKIL, BEDAHNEWS.com – Dua Menteri Kabinet Presiden Joko Widodo, mengaku tertarik dengan potensi pantai dan pasir putih sebagai destinasi wisata di Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh, yang harus di promosikan dan dikembangkan untuk dapat mengundang wisatawan mancanegara.

Kedatangan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio, Rabu (11/3) hendak meninjau langsung rencana perluasan Bandara Syekh Hamzah Fansyuri di Desa Kampung Baru dan pengerukan pendangkalan Pelabuhan Perikanan Anak Laut Kecamatan Singkil Utara.

Kedatangan mereka disambut Bupati Dulmusrid, Wabup Sazali, Ketua DPRK Hasanuddin Aritonang, unsur Forkopimda, serta sejumlah pejabat pemerintah Aceh.

Luhut mengatakan, landasan Bandar Udara Syekh Hamzah Fansyuri Kecamatan Singkil Utara sudah selayaknya diperpanjang. Selanjutnya Dinas Perhubungan Udara juga akan melakukan studi untuk evaluasi lokasi tersebut.

“Potensi yang ada di Aceh Singkil sudah dipahami oleh tim ahli dan akan diundang secepatnya untuk ke Aceh Singkil. Dengana rencana pembangunan perpanjangan runway atau landasan pacu tersebut nantinya bandara bisa didarati pesawat-pesawat besar. Rencana perluasan Bandara awalnya sepanjang 1.200 meter, namun saya minta ditambah menjadi 2.000 meter agar lebih luas dan pesawat-pesawat besar mudah mendarat,” ujar Luhut.

Dikatakannya, upaya tersebut merupakan salah satu aksebilitas dalam mendukung pembangunan Aceh Singkil yang berdekatan dengan zona pengembangan destinasi wisata Danau Toba Sumatera Utara.

Disamping itu, sebanyak 6 kabupaten terdekat juga bakal melirik fasilitas Aceh Singkil sebagai pusat kegiatan ekonomi yang berada di wilayah pantai barat sebelah utara.

Luhut juga mendukung pembangunan pelebaran lokasi pelabuhan serta pengerukan danau buatan. Sehingga kapal-kapal besar bisa mudah masuk bersandar di pelabuhan Anak Laut Kecamatan Singkil Utara, sebagai pengembangan.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *