Dosen FT Unsam Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Matahari dan Air di Desa Sembuang Serbajadi Aceh Timur

  • Whatsapp

Pemanfaatan Energi Surya dan Tenaga Air Sebagai Pembangkit Listrik Hibrid Di Gampong Sembuang, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Minggu (9/6/2022).

ACEH TIMUR, BEDAHNEWS.com – Desa sembuang berada di jalan Perlak Lokop KM 76, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Aceh Timur, Desa ini merupakan desa terpencil yang masih sangat sering terjadi gangguan aliran listrik, mengingat jarak yang cukup jauh dari pusat kota dan kondisi alam perdesaan yang sangat memungkinkan untuk terjadinya gangguan listrik.

Muat Lebih

Gangguan listrik di desa sembuang ini dapat berlangsung selama berhari-hari sehingga dapat menggangu kegiatan masyarakat dan keagamaan terutama di malam hari.

Di desa Sembuang terdapat potensi untuk pembangkit listrik sekala mikro, terutama pembangkit listrik tenaga air dan tenaga matahari.

Dosen Fakultas Teknik Universitas Samudra yang di ketuai oleh Dr. Nasruddin, ST., MT., dengan anggota Zainal Arif ST., MT., dan Meilandri Purwandito, ST., MT. melakukan pengabdian masyarakat untuk menyelesaikan masalah kelistrikan di desa Sembuang ini terutama kelistrikan di fasiltas umum seperti Mesjid dan Kantor Desa, sehingga Ketika listrik mengalamai gangguan warga desa masih bisa tetap beraktivitas di fasilitas umum.

Pembangkit yang dipasang menggukan panel surya foto Voltaic yang dilengkapi dengan battere dan sistim kontrol untuk memindahkan aliran listrik dari PLN ke pembangkit tenaga surya, dan tingkat pengisian battere yang efektif. Pemasangan panel surya ini mampu mengalirkan aliran listrik untuk kebutuhan penerangan di Mesjid dan sekitarnya dan pengeras suara, ketiak aliran dari PLN terganggu selama berhari-hari.

Selain itu dipasang turbin air mikro untuk membangkitkan listrik di area penampungan air dan WC yang dapat bekerja selama 24 jam tampa henti. Pembangkit micro ini dapat menghidupkan lampu LED dengan internsitas yang mencukupi.

Editor : Bung Dewa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *