P3MD Gelar Rakor Bersama DPMG Aceh Timur

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Syamsuddin Arsyad

ACEH TIMUR, BEDAHNEWS.com – Tim Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG), Koordinator Kabupaten Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (Korkab TAPM), dan Koordinator Kecamatan (Korcam), di Aula Kantor P3MD setempat, Rabu (13/10/2021).

Muat Lebih

Koordinator Tenaga Ahli P3MD Aceh Timur Yusmiadi, SE, MM menyampaikan, semua TPP di Kabupaten Aceh Timur sudah keluar hasil penilaian Evaluasi Kinerja (Evkin) untuk Juni – September 2021.

Penilaian Evkin dilakukan berdasarkan indikator yang ditetapkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Desa PDTT.

Yusmiadi atau yang akrab disapa Abu Yus berharap dengan keluarnya Evkin ini akan menjadi semangat kerja untuk perubahan dan perbaikan kerja TPP yang lebih baik kedepannya.

“Disamping itu, terkait permintaan data laporan, semua TPP wajib memenuhinya secara berjenjang,” jelas Abu yus.

Lanjutnya, untuk pendataan program prioritas nasional Sustainable Development Goals (SDGs) baru 2 (dua) kecamatan yang melengkapi dan sudah melakukan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) yakni Kecamatan Sungai Raya dan Kecammatan Darul Falah.

Sementara itu, Kepala Bidang Alokasi Dana Gampong Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (Kabid ADG DPMG) Kabupaten Aceh Timur, Bustami, SE mengatakan, progres penyaluran Dana Desa (DD) tahap II sudah mencapai 273 gampong serta tahap III sudah 25 gampong. Sementara tersisa untuk penyaluran DD tahun 2021 hanya tinggal waktu 38 (tiga puluh delapan) hari kerja lagi.

Bustami juga menjelaskan batas waktu penyampaian berkas administrasi pengajuan ke DPMG sampai tanggal 7 Desember 2021.

Persyaratan administrasi pengajuan DD tahap II yang harus dipenuhi adalah sesuai check list dokumen dari DPMG yaitu, APBG tahun 2021 dan laporan realisasi tahap I.

Saat ini DPMG bersama BPKD sedang melakukan tangging data diaplikasi OM SPAN untuk Dana BLT Oktober-Desember dan diperkirakan dalam 2 hari ini sudah masuk ke RK desa.

“Data KPM diminta untuk tidak ada lagi perubahan sesuai dengan SK geuchik penetapan KPM BLT DD. Penyaluran BLT DD Oktober-Desember disalurkan berdasarkan bulan berjalan. Dan saat ini surat pelaksanaan Musrenbang gampong sudah diparaf oleh sekda,” jelas Bustami.

Korkab TAPM menyampaikan bahwa
Pemenuhan data Monev dana desa yakni, penyaluran dana desa, Covid-19, penyaluran BLT, PKTD dan BNBA BLT DD serta pemenuhan data dan validasi laporan mingguan kegiatan non darpras lainnya.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *