KPM Unsam Bina Kelompok Tani Tambak BINA BERSAMA

  • Whatsapp
banner 468x60

BEDAHNEWS.com – Guna membantu petani di masa pandemi Kelompok Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Samudra (Unsam) melakukan pembinaan kepada Kelompok Tani Tambak BINA BERSAMA Gampong Seunebok Aceh Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur, Rabu (13/10/2021).

Rektor Universitas Samudra DR. Hamdani, MT melalui Ketua KPM DR. Teuku Hasan Basri, M.Pd mengatakan, kondisi dunia saat ini tengah berada dalam situasi pandemi covid-19, yang sudah melewati 1 (satu) tahun lebih lamanya.

Muat Lebih

banner 468x60

Akibat berlarut-larutnya keadaan ini menyebabkan terganggunya mata pencaharian sebagian masyarakat, terutama di wilayah pesisir pantai, banyak yang kehilangan pekerjaan.

Lanjutnya, situasi pandemi saat ini memberikan tantangan bagi para akademisi untuk mengembangkan pengetahuan yang dianggap dapat berguna bagi masyarakat pesisir pantai yang saat ini tengah mengalami krisis ekonomi, salah satunya dengan memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat budidaya ikan, udang dan sejenisnya.

Hal ini diharapkan dapat memberikan solusi alternatif kepada masyarakat guna meningkatkan perekonomian dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Hasan Basri juga menjelaskan pemilihan Gampong Seunebok Aceh sebagai daerah binaan setelah terlebih dahulu melakukan survey lokasi.

Diharapkan dengan proses pembinaan nantinya perekonomian masyarakat khususnya petani tambak didaerah ini dapat membaik serta menjadi petani tambak yang profesional, mandiri dan berdaya saing.

Hasan Basri menjelaskan, pada hari ini dirinya dan tim rombongan yang terdiri dari DR Rahmatsyah, M.Pd, Makhroji, S.Pd, M.Pd, Munawir, S.S.T, MT memberikan bantuan Pupuk, Pakan, Obat Obatan serta bantuan bibit yang akan dilakukan secara bertahap.

Disamping itu secara bertahap juga akan melakukan pelatihan bagi para petani tambak yang tergabung dalam kelompok Petani Tambak Bina Bersama.

Sementara itu, Koordinator Pengabdian Masyarakat Unsam Langsa DR Hanafiah MPd mengatakan timnya akan
Terus melakukan monitoring terhadap program program yang sudah dilaksanakan baik menyangkut pelatihan maupun bantuan kelompok tani tambak binaan KPM Unsam.

Hanafiah berharap melalui program Desa Binaan ini nantinya perekonomian masyarakat dapat pulih kembali dan budidaya ikan ini terus berkembang secara berkelanjutan.

Geuchik (Kepala Desa)
Gampong (Desa) Seuneubok Aceh Kecamatan Peureulak, Muhammad, AMd mengatakan mengucapkan terima kasih atas kepedulian pihak universitas Samudra memilih Gampong Seunebok Aceh sebagai daerah binaan.

Semoga dengan kehadiran pihak KPM di Gampong tersebut dapat membantu masyarakat mengatasi perekonomian yang sangat sulit ditengah kondisi pandemi yang tidak tahu kapan berakhirnya.

Ketua Kelompok Tani Nasrul Abdullah mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak Kampus Universitas Samudra, semoga melalui pembinaan ini nantinya dirinya bersama anggota Kelompok Tani dapat menjadi petani tambak yang lebih baik lagi, maju dan lebih berkembang.

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *