Bupati Bireuen: Larangan Takbir Keliling Menyahuti Instruksi Mendagri

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Zubir

BIREUEN, BEDAHNEWS.com – Bupati Bireuen H. Muzakkar A Gani mengeluarkan surat Himbauan melarang takbir keliling melarang warganya untuk melaksanakan kegiatan takbir keliling saat Hari Raya Idul Fitri tahun 2021, larangan itu diharapkan dapat memutus penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Muat Lebih

“Takbir keliling ditiadakan, tidak boleh, kita instruksikan ditiadakan. Kalau masih ada yang takbir keliling itu pelanggaran,” kata Muzakkar kepada wartawan pada Senin 10 Mei 2021.

Kata Muzakkar Takbir keliling dengan menggunakaan kendaraan ataupun takbir keliling dengan jalan kaki dan keramaian lainnya untuk lebaran ini dilarang tujuannya untuk memutus mata rantai Covid19.

Muzakkar mengatakan takbir keliling jika digelar berpotensi menyebabkan kerumunan. Hal tersebut pun berpotensi menyebabkan penularan penyebaran virus Corona.

Larangan tersebut menyahuti insruksi pelarangan/pembatasan kegiatan menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi sesuai surat edaran Menteri Agama Nomor 07 Tahun 2021 serta Intruksi Gubernur Aceh Nomor 05/INSTR/2021.

“Namun warga diperbolehkan melaksanakan takbiran di Masjid, Musalla atau Meunasah masing-masing desa,” katanya.

Begitupun terkait salat Idul Fitri 1442 Hijriah yang dilaksanakan pada, Kamis pagi, 13 Mei 2021, itu pun harus dilaksanakan di dalam Masjid, dan bukan di luar area Masjid atau lapangan terbuka.

Pada kegiatan itu, Bupati Bireuen juga meminta dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga protokoler kesehatan, menjaga jarak, cuci tangan dan memakai masker serta menghindari keramaian di tempat umum, daerah wisata.

“Seruan dan instruksi ini juga kita tujukan kepada seluruh kepala SKPK, Camat, Imum Mukim, Imum Syik, dan para Keuchik dan ASN seluruh Bireuen, agar dapat meneruskan kepada masyarakat,” pintanya.

banner 468x60

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *