Warga Desak PT. Kasmo Prawono Ganti Rugi Lahan Pertanian yang Rusak

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Wari Saputra Sembiring

LANGKAT, BEDAHNEWS.com – Sejumlah jenis tanaman milik Warga Dusun V Desa Halaban Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat rusak dan mati akibat terendam air.

Muat Lebih

Genangan air yang merendam lahan warga tersebut diduga akibat dampak pembangunan kolam-kolam penampungan air yang di lakukan PT. Kasmo Prawono yang berlokasi di Dusun I Bukit Suka Mulia Desa Halaban Kecamatan Besitang.

“Kolam-kolam tersebut dipergunakan untuk kepentingan perusahaan itu tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan,” kata pemilik lahan Siptung (51) bersama warga lainnya Arifin (61).

Terkait hal ini, warga telah melaporkan permasalahan ini ke kepala desa setempat.

Mendapat laporan tersebut, Kepala Desa Halaban Tamaruddin, S.Ag langsung turun untuk melihat langsung kondisi lahan pertanian warga tersebut.

“Fakta di lapangan ternyata lahan tersebut mengalami kerusakan berat dan tanaman tersebut mati total akibat terendam air,” kata Tamaruddin.

Selanjutnya, Tamaruddin mengundang pimpinan PT. Kasmo Prawono dan warga untuk dilakukan mediasi, Rabu (24/3/2021).

Setelah melakukan beberapa kali pertemuan, namun hingga saat ini belum ada penyelesaian.

Warga berharap kepada dinas terkait, terutama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas pertanian Kabupaten Langkat segera menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Desa Halaban tersebut.

“Apabila permasalahan ini tidak dapat diselesaikan ditingkat desa maka kami akan melaporkan ke DPRD Kabupaten Langkat,” kata Siptung dan Arifin yang didampingi oleh Humas Hipakad Rayon Kecamatan Besitang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *