Pembelajaran Daring, SMA Negeri 1 Peulimbang Gunakan Microsoft Teams

  • Whatsapp
banner 468x60

Wartawan: Zubir

BIREUEN, BEDAHNEWS.com – Guru dan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri SMA 1 Peulimbang Kabupaten Bireuen, Aceh dibekali pelatihan menggunakan aplikasi microsoft teams untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas belajar secara online tahun ajaran 2020/2021, Sabtu (8/8).

Muat Lebih

banner 300x250

Aplikasi itu bertujuan untuk meningkatkan literasi pendidik di era teknologi saat ini. Dimana pendidik dapat menerapkan pembelajaran berbasis digital yang dapat menghasilkan model alternatif pembelajaran yang fleksibel dan dapat menjangkau siswa di manapun berada.

Microsoft teams adalah hub digital yang menyatukan percakapan, konten, penugasan, dan aplikasi di satu tempat, memungkinkan guru menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Microsoft bertujuan untuk menawarkan pengalaman belajar jarak jauh sebagai pribadi, menarik dan terhubung secara sosial seperti belajar di kelas.

Microsoft Telas memungkinkan siswa dan guru dapat tetap berkomunikasi dan saling membantu menggunakan percakapan, dan dapat merasa seperti mereka bertemu langsung menggunakan pertemuan langsung. Guru dapat melacak kemajuan siswa dalam pekerjaan sehari-hari mereka menggunakan tugas. Dan, sama seperti di ruang kelas, guru dapat menggunakan aplikasi dan fungsi tim untuk mendukung cara mereka bekerja.

“Sebelum kita terapkan pemakaian aplikasi ini, kita telah melakukan webinar pelatihan daring pemanfaatan microsoft teams bagi seluruh guru SMAN 1 Peulimbang dengan instruktur dipandu langsung oleh Zulhamdi, M.Pd , selaku master microsoft educator trainer yang merupakan guru SMAN 1 Peulimbang. Keduanya merupakan untuk meningkatkan dalam pendidikan kedepannya,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pelimbang Hasan Basri, S.pd, MM.

Hasan Basri juga menyebutkan, dalam tim, guru dapat dengan cepat berkomunikasi dengan siswa, berbagi file dan situs web, membuat buku catatan kelas OneNote, dan mendistribusikan serta menilai tugas. Buku catatan kelas OneNote yang terintegrasi dan manajemen tugas ujung ke ujung memungkinkan guru untuk mengatur pelajaran interaktif dan memberikan umpan balik yang efektif dan tepat waktu.

Administrator dan staf sekolah dapat tetap mengetahui dan berkolaborasi menggunakan tim staf untuk pengumuman dan percakapan topikal. Pendidik dapat berbagi materi pengajaran menggunakan Komunitas Pembelajaran Profesional.

Tim kelas dapat digunakan untuk membuat ruang kelas kolaboratif, menyediakan platform pertemuan virtual, memfasilitasi pembelajaran dengan tugas dan umpan balik, dan memimpin panggilan langsung dengan siswa.

Panduan microsoft menawarkan praktik terbaik untuk mulai menggunakan tim untuk kebutuhan pendidikan serta untuk mengaktifkan kemampuan pembelajaran jarak jauh.

Hasan Basri Tim memiliki klien yang tersedia untuk desktop (Windows, Mac, dan Linux), web, dan seluler (Android dan iOS) untuk memastikan semua staf dan siswa dapat tetap terhubung.

“Selain itu, pendidik dapat dengan mudah mendelegasikan tugas sekaligus memeriksa pekerjaan siswa. Dan bisa dilakukan tanya jawab secara langsung bagi siswa yang masih belum mengerti tentang materi yang disampaikan gurunya. Serta kepala sekolah dan orangtua pun dapat memantau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang sedang berlangsung,” katanya.

Ditambahkannya, penggunaan microsoft teams ini sudah dimulai sejak, Sabtu (8/8) pada saat dilakukannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa dan semua prosesnya berjalan sangat lancar dan efektif.

“Anak-anak tampak antusias mengikuti setiap sesi MPLS, ada yang menggunakan smartphone maupun laptop. Adapun materi yang disampaikan melalui virtual kepada siswa, seperti pengenalan guru-guru mata pelajaran, profil sekolah, organisasi dan lainnya. Kita berharap sekolah lain juga dapat menggunakan aplikasi virtual ini. Karena sangat membantu , sebab aplikasi ini dapat menghadirkan ribuan pengguna. Jadi siswa-siswi kita dapat mengetahui wajah-wajah teman dan gurunya secara langsung meski online. Untuk guru kita sendiri sedang dipakai juga jasanya di sekolah lainnya,” ujarnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *