Kanwil DJBC Aceh Tangkap Kapal Penyeludup Rokok Ilegal Senilai Rp.19 Milyar di Perairan Lhokseumawe

  • Whatsapp

Barang bukti rokok Ilegal yang disita bersama 4 ABK. (Foto: Dok.Humas).

BANDA ACEH, BEDAHNEWS.com – Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Aceh menangkap sebuah Kapal penyeludup rokok diperairan Lhokseumawe, Aceh.  Kapal tersebut ketika digeledah oleh petugas gabungan kedapatan membawa rokok ilegal sebanyak 926 karton dan diperkirakan seharga Rp.19 Milyar.

Muat Lebih

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Leni Rahmasari, Selasa (12/12/2023) mengatakan, Penindakan kapal pembawa rokok ilegal tersebut berawal adanya informasi dari masyarakat bahwa diduga terjadi penyeludupan rokok diperairan Aceh dengan menggunakan kapal nelayan.

Menanggapi hal tersebut, pada Kamis, 7 Desember 2023, Kanwil DJBC Aceh bersama instansi terkait lainnya melakukan penindakan berupa pengejaran, penghentian dan pemeriksaan terhadap Kapal KM Pathalong di perairan 55 mil utara Lhokseumawe, Aceh.

Dari hasil pemeriksaan didapati empat orang Anak Buah Kapal (ABK) dengan muatan rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM), tanpa dilekati pita cukai sebanyak 9,26 ribu batang dalam 926 karton.

Sementara ABK dan barang bukti penindakan dibawa ke kantor Wilayah DJBC Aceh untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Menurut Leni, pihak Bea Cukai akan memberi tindakan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku bagi siapapun yang dapat merugikan keuangan Negara melalui Penyeludupan.

Laporan : Mohammad Syah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *