SMKN 1 Bireuen Gelar Upacara HGN dan HUT PGRI ke 77

  • Whatsapp

BIREUEN, BEDAHNEWS.com – SMKN 1 Bireuen melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 77 sekaligus memperingati Hari Guru Nasional tahun 2022, di halaman sekolah setempat.

Dengan penuh haru dan rasa kebersamaan seribuan peserta mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2022, yang dipusatkan di SMKN 1 Bireuen, Jumat pagi (25/11/2022).

Muat Lebih

Seribuan peserta tersebut terdiri dari peserta didik, kepala sekolah, sejumlah guru dan tendik, mereka berasal dari SMKN 1 Bireuen, SMAN 1 Bireuen dan SMAN 2 Bireuen.

Dengan penuh keakraban dan kebersamaan, mereka sangat antusias mengikuti rangkaian-rangkaian kegiatan upacara Hari Guru Nasional tersebut.

Pada upacara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan bertindak sebagai Inspektur Upacata (Irup).

Selaku Irup, Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan membacakan teks Pancasila dan membacakan

sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim.

Sementara itu, Imran, (guru otomotif SMK Negeri 1 Bireuen) Bertindak sebagai komandan upacara.

Pembaca teks Undang-Undang Dasar 1945, oleh Aslina S,Pd , (Guru PJOK SMA Negeri 2 Bireuen) dan doa dipimpin oleh Sumarditomo, S.Pd, (Guru PPKn SMA Negeri 1 Bireuen).

Upacara tersebut diiring oleh tim Aubade gabungan para siswa SMAN 1 Bireuen, SMKN 1 Bireuen dan SMAN 2 Bireuen, dibawah koordinator Oktavia Sigalingging, S.Pd, MSM (Guru Seni Budaya SMAN 1 Bireuen).

Usai pelaksanaan upacara bendera, kegiatan dirangkai dengan penyerahan cinderamata kepada guru dan tindik yang akan mengakhiri masa tugas tahun 2022 ini.

Cinderamata tersebut diserahkan kepada, Dra. Fauziah (SMK Negeri 1 Bireuen), Dra. Syukriah (SMK Negeri 1 Bireuen), Dra. Nuraini (SMK Negeri 1 Bireuen).

Kemudian, Drs. Abu Bakar (SMA Negeri 1 Bireuen), Dra. Nurhayati (SMA Negeri 2 Bireuen), Dra. Zahara, (SMA Negeri 2 Bireuen) dan Siti Fuadima (SMANegeri 2 Bireuen).

Kemudian penyerahan buku yang berjudul Sarjana Tsunami dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah Bireuen, Abdul Hamid, SPd MPd kepada Pj Bupati Bireuen.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Bireuen Muhammad Yusuf dalam keterangannya kepada Kabar Bireuen menyebutkan, peserta yang mengikuti kegiatan peringatan HGN tahun ini merupakan kolaborasi tiga sekolah, yakni SMKN 1 Bireuen, SMAN 1 Bireuen dan SMAN 2 Bireuen.

Dijelaskan, ini merupakan momen yang paling tepat dan juga paling penting untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antara sekolah, guru dan juga peserta didik ketiga sekolah.

“Karena ketiga sekolah ini, adalah merupakan harapan terbesar masyarakat Bireuen,” jelas Muhammad Yusuf.

Muhammad yusuf berharap, peringatan HGN dan HUT PGRI ke-77 Tahun 2022 ini adalah momentum untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di kabupaten Bireuen. Untuk mewujudkannya, tentunya harus diikuti dengan profesionalitas dari para guru.

“Kemudian juga, para guru di Kabupaten Bireuen supaya bisa melaksanakan kewajibannya dengan baik. Hal itu juga sesuai dengan tema HUT PGRI ke-77 dan HGN Tahun 2022 ini, yakni, Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju.” harapnya.

Sementara Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan dalam amanatnya selaku Inspektur Upacara mengharapkan komitmen pemerintah untuk terus memperjuangkan hak para pendidik melalui kebijakan rekruitmen guru ASN, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme dan peningkatan kesejahteraan guru.

“Ini penting untuk memotivasi kelancaran proses belajar mengajar guru di sekolah atau SMA dan SMK. Termasuk peningkatan sarana dan prasarana yang memadai dan penyebaran guru yang merata ” ujar Aulia Sofyan.

Ketika melihat para gurunya sudah bersatu dan begitu besar eratnya tali persaudaraan, tentunya para peserta didik juga akan menurutinya.

Dengan kebersamaan ketiga sekolah ini diharapkan adalah terjalinnya hubungan yang baik antar sekolah, karena ketiga sekolah ini adalah merupakan harapan masyarakat.

Laporan : Zubir

Editor : Bung Dewa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *