Dihadiri Menkominfo, Bupati Aceh Timur Jadi Pembicara di Webinar Pendidikan

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Syamsuddin

ACEH TIMUR, BEDAHNEWS.com – Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib, SH jadi pembicara pada acara Opening Speech Webinar Pendidikan Literasi Digital Bagi Guru se-Kabupaten Aceh Timur tahun 2021, Rabu (6/10/2021).

Muat Lebih

banner 468x60

Webinar ini juga dihadiri menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Ketua Umum Apkasi yang juga Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, dr Himmatul Hasanah MP, Ketua Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan sahabat guru, yang berlangsung di Aula Sekdakab Aceh Timur, sekitar pukul. 09.00 WIB.

Bupati mengatakan, salah satu agenda pembangunan RPJM 2020-2024 yang terkait langsung dengan pendidikan di antaranya meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, yang arahan kebijakannya pada meningkatkan pemerataan layanan pendidikan berkualitas serta peningkatan literasi, inovasi dan kreativitas.

“Oleh karenanya, kegiatan webinar pendidikan hari ini yang merupakan bahagian dari program literasi digital nasional “Indonesia Makin Cakap Digital 2021” yang diprogramkan oleh Kementerian Kominfo RI merupakan suatu program yang diharapkan akan menghasilkan komunitas digital yang mumpuni dalam menggunakan internet di segala aspek kehidupan termasuk di dunia kependidikan,” papar Bupati H Hasballah bin HM Thaib, SH yang akrap disapa Rocky.

Rocky menambahkan, program tersebut dapat diseminarkan pada hari ini atas dukungan penuh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama Yayasan Adiluhung Nusantara dan sahabat guru.

Atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Timur Rocky juga turut mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kominfo RI, Ketua Apkasi dan kepada Yayasan Adiluhung Nusantara dan sahabat guru.

“Bapak menteri dan peserta webinar yang kami hormati, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kemampuan digital bagi para pelaku di dunia pendidikan dirasakan sangatlah penting apalagi di masa-masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Rocky.

Menurut Bupati Aceh Timur ini, digital bukan hanya dirasakan sangat penting, akan tetapi sudah merupakan sebuah kebutuhan. Teknologi digital merupakan solusi bagi dunia pendidikan terutama kemudahan mengakses internet.

Jika semua satuan pendidikan (sekolah) bisa terakses atau terkoneksi jaringan internet, sambung Bupati Rocky, dirinya yakin dan percaya bahwa akan membawa dampak yang signifikan bagi pembelajaran di dunia pendidikan sampai kepelosok-pelosok pendalaman.

“Alhamdulillah pemerintah Kabupaten Aceh Timur di tahun anggaran 2021 ini telah menganggarkan dan bahkan sedang dalam proses pelelangan program pengadaan sarana jaringan internet sekolah daerah terpencil sebesar Rp1 miliar rupiah. Program ini merupakan wujud nyata pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam mendukung program literasi digital nasional ‘Indonesia Makin Cakap Digital 2021,” tutur Rocky.

Tambah Rocky, dengan anggaran yang sebesar itu belum mampu memenuhi semua kebutuhan di daerah pelosok Aceh Timur, karena wilayah Aceh Timur sangat luas. Namun setidaknya Pemkab Aceh Timur mampu untuk memulai melakukan terobosan awal.

Bupati berharap hendaknya Menteri Kominfo RI berkenan membantu Aceh Timur untuk tahapan selanjutnya dengan membantu fasilitas jaringan internet bagi sekolah-sekolah di pedalaman.

“Sehingga semua sekolah di wilayah pelosok atau sekolah terpencil bisa terakses internet di tahun 2023 sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Presiden Ir H Joko widodo pada tanggal 20 Mei 2021,” harap H Hasballah Bin HM Thaib, SH.

Pada kesempatan itu, Bupati Rocky atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Timur juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah saling bekerja sama.

“Semoga pelaksanaan webinar pendidikan literasi digital bagi guru se-Kabupaten Aceh Timur tahun 2021 dapat terlaksana sebagaimana yang kita harapkan bersama,” harap Rocky.

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *