MQK ke II Bireuen Resmi Ditutup

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Zubir

BIREUN, BEDAHNEWS.com – Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Ke-Il Kabupaten Bireuen resmi ditutup oleh Sekda Bireuen, lr lbrahim Ahmad, MSi pada Jumat 24 September 2021

Muat Lebih

banner 468x60

Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga keluar sebagai juara umum Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Ke-Il Kabupaten Bireuen

Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Juara Umum MQK Ke-II Bireuen, Ini Daftar Lengkap Para Juara Muhammad Hadi zoom-inDayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Juara Umum MQK Ke-II Bireuen, Ini Daftar Lengkap Para Juara

Sekda Bireuen, Ir Ibrahim Ahmad MSi, sore menyerahkan piala juara umum kepada Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga, Bireuen pada penutupan MQK di IAI Almuslim, Peusangan Bireuen.

Cabang hadist juara pertama Tgk Zikrillah Husaini (Mudi Mesra), juara dua Tgk M Fazil (Babussalam Al Aziziyah Jeunieb) dan juara tiga Tgk Nailul Akhyar (Ummul Ayman).

Kemudian tingkat tinggi (marhalah ulya) cabang nahw juara pertama Tgk Muhammad Khairul Muammar ( Mudi Mesra), juara dua Tgk Rizki (Budi Al Mukhtari Pante Pisang Peusangan) dan juara tiga Tgk Rifqi (Al
Madinatuddiniyah Babussalam Putra Blang Bladeh).

Kemudian cabang ilmu tafsir juara pertama Tgk Ibnu Mulkan Ridwan (Mudi Mesra), juara dua
Tgk Muhammad Fadhil (Babussalam Al Aziziyah Jeunieb) dan juara tiga Tgk Ridha Qusyairi (Mudi Mesra).

Berikutnya cabang ushul fiqh juara pertama Tgk M Nailul Mubaraq Muzakkir (Mudi Mesra), juara dua Tgk
Muhammad Rifqi (Najmul Hidayah Al Aziziyah Samalanga) dan juara tiga Tgk Murtadha (Tauthiatut Thullab Putra Arongan, Simpang Mamplam).

Sekda Bireuen Ir. Ibrahim Ahmad, M.Si mengatakan, Musabaqah Qiraatul Kutub ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan mutu santri dayah dan meningkatkan kapasitas karakter serta daya saing santri.

Sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan dan membangun semangat dalam meraih prestasi di masa-masa yang akan datang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dengan pelaksanaan MQK ini dapat mendorong peran pendidikan dayah, dalam meningkatkan kualitas keimanan, ketakwaan santri yang profesional, berakhlakul karimah, kreatif, inovatif di Bireuen sebagai Kota Santri,” kata Sekda

Kadis Pendidikan Dayah Bireuen, H Jufliwan, SH MM melaporkan, kegiatan Musabaqah Qiraatul Kutub di Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Peusangan, selama empat hari mulai 21 s/d 24 September 2021.

Maksud pelaksanaan Musabaqah Qiraatul Kutub tahun 2021, untuk meningkatkan kualitas kemampuan santri dalam lingkungan dayah serta memantapkan kerjasama yang lebih baik dengan Dinas Pendidikan Dayah.

“Ini guna meningkatkan mutu pendidikan dayah kearah lebih baik, agar mendorong dan meningkatkan kecintaan santri kepada kitab-kitab rujukan berbahasa Arab (kutub at-turats),” katanya

Selain itu, meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu Agama Islam dari sumber kitab-kitab berbahasa Arab.

Peserta berasal dari Santri Dayah Dalam Kabupaten Bireuen, terdiri dari Marhalah (tingkatan) Ula (pemula) yaitu bidang akhlak, tauhid.

Wustha (tengah) bidang fiqh, tarikh, tafsir, hadist. Marhalah Ulya (paling tinggi) bidang nahu, ushul fiqh, ilmu tafsir, dan balaghah (kesesuaian).

Dewan Hakim Musabaqah Qiraatul Kutub terdiri akademisi lulusan Dayah memiliki integritas, kapasitas, kapabilitas mumpuni dibidangnya.

Keberhasilan meraih juara umum kata H Jufliwan, SH MM, tidak terlepas peran dan kontribusi para guru yang telah
membimbingnya juga kepada santriawan dan santriwati yang belum mendapatkan juara semoga terus belajar meraih prestasi yang lebih baik.

Saryulis berharap kepada santri Bireuen untuk terus menjaga kekompakan dan rajin belajar juga tidak sungkan untuk meminta petuah dan saran dari sesepuhnya di Dayah MUDI Samalanga demi kebaikan dan perbaikan ke arah yang lebih baik

Musabagah Qiraatul Kutub ke-II tingkat Kabupaten Bireuen, ajang seleksi calon peserta MQK tingkat Provinsi, bagi peserta terpilih nanti, akan mengikuti TC pembinaan dan melakukan vaksinasi sesuai persyaratan protokol kesehatan yang diterapkan panitia di Provinsi Aceh.

banner 468x60

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *