Bupati Abdya Imbau Tidak Melakukan Tradisi Meugang

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Fitria Maisir

ABDYA, BEDAHNEWS.com – Bupati Aceh Barat Daya Akmal Ibrahim, SH kembali mengeluarkan surat imbauan untuk tidak melakukan tradisi meugang atau penyembelihan hewan ternak di tempat keramaian, seperti di Krueng Beukah Blangpidie dan Lapangan Bolakaki Seuneulop Manggeng yang diprediksi jatuh pada Minggu, 11 April 2021.

Muat Lebih

Imbauan Bupati Abdya tersebut tertuang dalam Surat Edaran nomor 450/452/2021, tanggal 5 April 2021 tentang pelaksanaan Meugang tahun 1442 H/2021 Masehi.

Bupati Abdya mengatakan, bagi masyarakat atau pedagang yang melakukan pemotongan dan penjualan daging dapat dilaksanakan di Gampong masing-masing dan di tempat yang aman, bersih dan tidak menganggu lalu lintas kendaraan serta tidak berdekatan antara satu pedagang dengan pedagang yang lain.

Hal tersebut disampaikan sehubungan dengan situasi dan kondisi pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang belum stabil.

“Kami minta kepada pemilik ternak, agar memastikan hewan yang akan dipotong sehat dan bebas dari penyakit menular, yang dibuktikan dengan surat kesehatan ternak yang dikeluarkan oleh dinas terkait,” pintanya.

Selain itu, Bupati juga melarang pedagang membawa daging segar atau daging beku dari wilayah lain selain ternak yang dipotong dalam wilayah Abdya.

Untuk itu, Bupati meminta para camat untuk bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan, agar bisa melakukan pemantauan bagi masyarakat yang melaksanakan pemotongan.

“Kami minta camat pro aktif, agar imbauan bisa dilaksanakan dengan baik, dan bisa terbebas dari wabah corona,” katanya.

“Kami meminta agar masyarakat untuk teliti dan memperhatikan kualitas daging atau menanyakan surat kesehatan ternak yang dijual, sehingga daging yang dikonsumsi aman dan sehat,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *