Milad GAM ke 44, KPA Wilayah Batee Iliek Gelar Doa Bersama dan Santunan Anak yatim

  • Whatsapp
banner 468x60

Jurnalis: Zubir

BIREUEN, BEDAHNEWS.com – Peringati Milad GAM ke 44, Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Batee Iliek menggelar doa bersama dan santunan anak yatim piatu, Senin (30/11/2020).

Muat Lebih

Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Aceh (DPW-PA) Bireuen Tgk Darwis Jeunieb didampingi Bendahara Rusyidi Mukhtar, S.Sos mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengenang segala jasa para syuhada pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang telah mendahului kita.

“Setiap 4 Desember merupakan hari bersejarah yang perlu disampaikan kepada masyarakat Aceh khususnya dan Indonesia pada umumnya. Walaupun hari ini kita telah menjalani kehidupan keseharian secara berdemokrasi dalam lingkaran NKRI, segala bentuk capaian yang kita kecapi sekarang tidak terlepas dari pengorbanan para syuhada. Sejarah ini tidak boleh kabur apalagi hilang ditelan masa,” sebut Darwis Jeunieb.

Terkait Bendera Bintang Bulan, Darwis Jeunieb  menyebutkan, tidak ada rencana pengibaran bendera pada Milad GAM ke 44.

“Kita hanya menggelar doa bersama dan santunan, selain itu menziarahi makam pejuang, sebagai bentuk syukur dalam mengenang para syuhada atas jasa serta pengorbanan yang disumbangkan,” sebut Darwis.

“Sebagaimana kita tau bersama, dalam Qanun Aceh nomor 3 tahun 2013 menyatakan itu sudah menjadi bendera Aceh, namun yang lebih berhak menindaklanjutinya hanya Gubernur dan DPRA, kapasitasnya disana,” terangnya.

Darwis menambahkan, polemik bendera bintang bulan selalu dimunculkan menjelang peringatan Milad GAM, bendera tersebut telah diserahkan pada sidang paripurna tahun 2018 oleh Ketua Komisi I DPRA Azhari/Cagee kepada Nova Iriansyah, ketika masih menjabat Plt Gubernur Aceh.

“Nova Iriansyah telah berjanji akan memperjuangkan bendera tersebut, satu-satunya yang berhak mengeluarkan Pergub terkait bendera Aceh hanya gubernur. Diharapkan Nova Iriansyah segera dapat menindaklanjuti janji tersebut, apalagi sekarang beliau sebagai Gubernur Aceh yang defenitif,” tambahnya.

Peringatan Milad GAM ke 44 rencananya akan digelar di Kantor DPW PA/KPA Batee Iliek, Bireuen tepat pada, Jumat 4 Desember 2020. Doa bersama dan santunan akan dihadiri para mantan kombatan GAM, seluruh Sagoe dalam wilayah Batee Iliek.

Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat, Muzakir Manaf atau Mualem menginstruksikan para kader dan seluruh eks kombatan GAM untuk menggelar peringatan 4 Desember atau HUT GAM seperti biasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *