Pemkab Bireuen Siap Sukseskan Sensus Penduduk 2020

  • Whatsapp
banner 468x60

Wartawan: Zubir

BIREUEN, BEDAHNEWS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Bireuen menggelar Rapat Koordinasi Kabupaten (RAKORKAB) Sensus Penduduk 2020, kegiatan tersebut berlangsung di Oproom kantor pusat pemerintahan Kabupaten Bireuen, Selasa (11/2).

Muat Lebih

banner 300x250

Rakor turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Bireuen Ir Zulkifli, Sp, unsur Forkopimda, Kepala BPS Bireuen, Kepala SKPK, Badan dan Kantor, para Camat serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPS Bireuen Dara Dian, SE dalam laporannya menyebutkan, Rakorkab ini bertujuan terbentuknya koordinasi dan konsolidasi yang sinergis dalam pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020 di Kabupaten Bireuen.

“Sensus Penduduk 2020 ini berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya. Sensus penduduk 2020 dibagi dalam dua tahapan, pertama sensus penduduk secara online dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Untuk tahapan kedua, Sensus Penduduk dilakukan dengan wawancara langsung kepada masyarakat yang belum terdaftar secara online, yang direncanakan pelaksanaanya selama satu bulan penuh, sejak 1 sampai 31 Juli 2020,” kata Dara.

Dara berharap seluruh jajaran Pemkab Bireuen dapat berpartisipasi dan bekerjasama dalam kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020.

Sementara itu, Sekda Bireuen Ir Zulkifli, Sp dalam sambutannya, mengungkapkan, Pemkab Bireuen menyambut baik atas terselenggaranya RAKORKAB- SP 2020 ini.

“Kami memberikan dukungan penuh kepada BPS supaya pelaksaanaan sensus penduduk 2020 dapat berjalan sukses di Kabupaten Bireuen,” sebut Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, Sensus Penduduk 2020 bertujuan untuk menyediakan data, jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk Indonesia. Dimana, data Hasil Sensus Penduduk (HSP) 2020 diharapkan mampu menjadi instrumen untuk evaluasi pembangunan RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dan SDGS (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dan perencanaan berbagai bidang.

Pada tahun 2020 ini merupakan pelaksanaan sensus penduduk yang ke 7, BPS menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data registrasi penduduk dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil).

“Perlu kami sampikan, jumlah penduduk Kabupaten Bireuen pada tahun 2018 berjumlah 461.726 jiwa dan tahun 2019 bertambah menjadi 471.635 jiwa. Dalam hal ini Pemkab Bireuen akan terus mendukung pelaksanaan SP 2020, mari kita sukseskan SP 2020 dengan satu data kependudukan yang nantinya sangat berperan penting untuk memperkuat kebijakan yang direncanakan, sehingga dapat dilaksanakan oleh semua pihak,” tutup Sekda.

Menurutnya, hasil Sensus Penduduk ini akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan. Dengan mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan yang ditamatkan, maka pemerintah baik pusat maupun daerah bisa memperoleh gambaran tentang kebutuhan suatu wilayah.

“Setelah hasil akhir SP 2020 ini keluar, data tersebut dapat digunakan oleh pemerintah sebagai dasar perencanaan pembangunan didalam menentukan kebijakan, serta keputusan yang lebih tepat sasaran untuk diimplementasi kepada masyarakat,” katanya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *