Bupati Mursil Luncurkan Kegiatan Konsultasi Belajar di Masjid

  • Whatsapp
banner 468x60

Wartawan: Hairullah

ACEH TAMIANG, BEDAHNEWS.com – Konsep belajar di masjid yang diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang guna mengatasi permasalahan belajar mengajar selama pandemi Covid-19, tampak berjalan dengan lancar saat uji coba yang dilaksanakan di beberapa masjid di Aceh Tamiang beberapa waktu lalu. Dengan dampak keberhasilan tersebut, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn melakukan peluncuran perdana secara resmi kegiatan konsultasi belajar di masjid bertempat di Masjid Salman Al-Farizi Kecamatan Manyak Payed, Kamis (03/09/20).

Muat Lebih

banner 468x60

Sebelum kegiatan tersebut berlangsung, terlebih dahulu Bupati Mursil beserta tamu yang hadir melaksanakan shalat Ashar berjamaah dan langsung dilanjutkan dengan kegiatan tersebut. Mengawali acara Mursil mengatakan program konsultasi belajar merupakan gagasan dari para guru dan juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang.

“Gagasan ini juga lahir dari keluhan orangtua yang memiliki banyak kendala dalam sistem belajar yang diberlakukan selama pandemi Covid-19, sehingga solusi dengan meluncurkan program ini dirasa tepat, dan saya sebagai kepala daerah sangat mendukung keberlangsungan program tersebut,” ungkap Mursil.

“Dengan sistem yang kita terapkan seperti ini, selain anak-anak belajar banyak materi di sekolah, anak-anak juga belajar mencintai masjid, itulah tujuan kita membuat program konsultasi belajar di masjid ini setelah ashar. Setelah belajar, anak-anak dapat melanjutkan kegiatan dengan sholat magrib berjama’ah dan diteruskan dengan magrib mengaji hingga menjelang sholat isya, ” terang Bupati Mursil lagi.

Meski telah ada solusi, diharapkan Mursil para guru dan anak-anak tetap diharuskan mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan juga jaga jarak pada saat belajar di masjid

“Program ini nantinya akan kita evaluasi 1 (satu) bulan kedepan, jika terbukti berhasil dan berjalan dengan lancar, maka program ini akan kita kembangkan lebih luas lagi,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Zulkarnain Putra, M. Si dalam sambutannya mengatakan didasari dari keluhan anak-anak murid dan wali murid yang merasa kesulitan dalam program belajar secara daring, yang membuat pemerintah daerah terutama Dinas Pendidikan berupaya mencari solusi dan akhirnya tercetuslah ide ini yang juga di prakarsai oleh guru-guru di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kami berharap dengan adanya program ini, anak-anak bisa lebih mudah menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya karena telah mendapatkan bimbingan langsung dari para guru,” terangnya.

Disela-sela peluncuran ini, terlihat Bupati Mursil menyapa anak-anak dan sedikit bersenda gurau hingga menciptakan suasana yang bersahaja.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua MPD, MPU, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas BPMKPPKB, Kepala Dinas Syari’at Islam serta Forkopimcam Kecamatan Manyak Payed.

banner 468x60

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *